Sabtu, 24-02-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

Tempat Belajar dan Bekerja Madrasahku

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Jalanan yang selalu setia dilalui. Mereka dengan sabarnya menanti roda berjalan di atasnya. Kesabaran demi niat suci. Niat para insan bekerja mengabdi demi Ridho Sang Ilahi Robbi.

Hari ini Senin 4 September 2023, Kang Ahsan tiba di madrasah. Sepeda motor ia parkir di halaman depan gedung bagian utara. Dengan ketaatan pada tuannya sepeda terparkir sebelah utara mobilnya Pak Nurhadi. Dari dalam mobil Pak Nur tersenyum sambil duduk bersandar di kursi depan. Jaket pelindung dari dinginnya udara pagi oleh Kang Ahsan dilepas diletakkan atas sepeda motor bagian depan.

Dengan langkah pasti dan semangat, Kang Ahsan melangkahkan kaki. Keramik lantai putih dengan setia menunggu setiap insan civitas madrasah menginjakkan kakinya. Keramik berjejer rapi tanda kesetiaan akan tugas mulia. Tugasnya melancarkan lalu lalang orang di atasnya. Kang Ahsan masuk kantor, ia ceklok dan mencatat serta tanda tangan di daftar hadir. Daftar hadir yang selalu setia menunggu di atas meja depan mesin ceklok. Ia menunggu  dengan setia setiap civitas madrasah yang akan membubuhkan tinta sebagai tanda kehadiran. Kesabaran dan kesetiaan sebagai pelajaran berharga yang perlu dijadikan contoh bagi insan madrasah.

Kegiatan lain setelah ceklok adalah ceklok lewat aplikasi pusaka. Kang Ahsan ambil HP yang dengan setia berada di saku depan tasnya. Ia buka aplikasi pusaka dan melakukan ceklok. Riwayat pekerjaan atau agenda hari ini juga ia tulis. Agenda-agenda diantaranya : mendampingi murtottal pagi, apel pagi, dokumentasi dan uplod kegiatan madrasah, dan yang terpenting adalah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar. Kang Ahsan hari ini melakukan KBM di kelas 9i selama 2 jam pertemuan. Agenda agenda tersebut diistiqomahkan agar mendapatkan hasil yang bagus.

Tepat jam 07.10, Apel Pagi segera dimulai. Apel dilaksanakan di depan kantor mandrasah. Peserta apel datang satu persatu dan berbaris rapi. Bu Ela selaku Waka Kurikulum mengabsen peserta apel. Pak Masruchin menyiapkan peserta dan memanggil Pak Aris untuk memimpin do’a. Dengan khusu’nya beliau memimpin do’a. Semoga civitas madrasah hari ini mendapatkan keberkahan.

Di depan gerbang madrasah depan kantor ada petugas penyambutan siswa putra dan gerbang utara depan parkir ada penyambutan siswa putri. Di gerbang putra ada Pak Suud, Pak Khoiruddin, Pak Kholilurrohman, Pak Gagas, Pak Arif, Pak Nur, dan Pak Syaiful. Di gerbang puttri ada Bu Mia dan Bu Tutut. Tidak lupa anggota osis putra dan putri ikut membantu dalam penyambutan kedatangan siswa.

Kegiatan madrasah hari ini juga ada Sholat Dhuha. Sholat Dhuha terjadwal yang telah dibuat oleh Waka Diniyah. Jadwal hari adalah kelas 7B dengan walas Bu Tutut dan imam Pak Ali Irham. Anak-anak dengan berbaris rapi memulai sholat dhuha berjama’ah. Seperti biasanya setelahnya dilakukan dzikir dan do’a bersama.

Di halaman madrasah ada kegiatan murottal pagi. Kebetulan di hari ini kegiatannya berupa pembacaan bersama istiqhosah setelah aqidatul awam. Pemimpin istighosah adalah siswa putra kelas 9H. Dengan khusu’ dan bersama-sama, semua peserta mengikuti dengan tertib setiap bacaan istighosah. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa bisa memahami dan mempraktikkan di kegiatan rutin harian. Kegiatan yang ada di pondok atau di rumah.

Semua kegiatan pagi selesai, maka guru dan siswa melakukan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Hari ini ada kegiatan KBM belajar di luar kelas untuk mata pelajaran PJOK. Kebetulan gurunya Pak Syamsul Hudah. Beliau mengajak siswa mempraktikkan cara memukul bola yang benar dengan melewati tanda-tanda yang telah disiapkan di halaman madrasah. Ada juga KBM di kelas.

Semua kegiatan madrasah didokumentasikan Kang Ahsan. Bahan bahan dokumentasi ia uplod dengan dideskripsikan yang sesuai keadaan. Banyak pelajaran berharga dari pekerjaan yang ia lakukan. Pelajaran tentang keistiqomahan dan ketegaran hati serta keuletan. Istiqomah agar memperoleh keberkahan. Ketegaran hati untuk menerima takdir terbaik, dan keuletan dalam menghasilkan yang terbaik. Semoga apa yang kita lakukan menjadi semakin baik dan berkah. Aaamiiin

Kang Ahsan_Humasy MTsN 2 Jombang

 

3 Komentar

Senin, 4 Sep 2023

Mantaps

Balas
Senin, 4 Sep 2023

Mantaps ya

Balas

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

JUARA 1 Olimpiade PAI

Selasa, 20 Feb 2024

Asesmen Bakat Minat (ABM)

Senin, 19 Feb 2024

JUARA HARAPAN 3 NASIONAL

Selasa, 6 Feb 2024

Juara 1 Vidio Pendek

Selasa, 6 Feb 2024

Pahlawanku Inspiraku

Sabtu, 11 Nov 2023

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi