Sabtu, 24-02-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

Balik Layar Madrasahku

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kesuksesan dan kegagalan suatu tidak bisa terlepas dari tanggap/tidaknya orang-orang di balik layar. Apa maksudnya di balik layar? Di balik layar artinya orang yang berkedudukan bukan peran utama tapi sangat menentukan sukses/tidaknya suatu kegiatan.

Pagi ini Selasa, 5 September 2023 Kang Ahsan membidik siapa saja orang-orang di balik layar yang mensukseskan kegiatan madrasah. Muncullah karyawan-karyawan pagi yang datang sebelum. dan bapak ibu guru serta karyawan kantor. Beliau adalah karyawan tukang kebun alias petugas kebersihan madrasah. Petugas kebersihan dengan seragam begitu tiba di madrasah langsung menuju ke tempat bagian masing-masing.

Pak Ali Irham selaku Waka Sarana Prasarana sudah membagi tempat masing-masing untuk petugas kebersihan. Pak Antok bagian kantor dan MCK  putra. Pak Mustami’in bagian halaman madrasah dan ruang guru, Pak Zaenul bagian kelas putra dan tempat wudhu putri, dan Pak Samsul Huda bagian ruang kelas putri dan musholla.

Mereka bertugas berusaha menyelesaikan tugasnya. Sebisa mungkin tempat yang dibersihkan terlihat aman sebelum siswa dan guru serta karyawan kantor menggunakannya. Kadang memang masih ada yang belum beres saat civitas madrasah datang, tapi petugas tetap menyelesaikannnya. Juga ada petugas keamanan Pak Rozak yang membantu menertibkan siswa untuk segera ke halaman mengikuti kegiatan murottal pagi.

Halaman kantor telah bersih dan siap di pakai apel para guru dan pimpinan. Bu Ela dengan absen setianya mengabsen kehadiran peserta apel pagi. Apel pagi dimulai dengan disiapkan oleh Pak Masruchin. Beliau dengan suara lantang memberi aba-aba pada peserta. Lalu ia panggil Pak Nur Kholis untuk memimpin do’a. Pak Nur Kholis dengan senyuman menuju ke depan di samping Bu Ela. Dengan khusu’nya Pak Nur Kholis memimpin do’a buat kesuksesan civitas madrasah.

 

Pintu gerbang depan kantor tempat penyamputan siswa putra telah siap. Hari yang bertugas digerbang putra adalah Pak Suud dan Pak Khoiruddin. Dan di gerbang utara untuk penyambutan siswa putri yang bertugas adalah Bu Mia, Bu Hanik dan Bu Istiwil. Juga ada beberapa anggota osis putra dan putri membantu penyambutan.

Musholla yang bersih dan suci juga siap digunakan Sholat Dhuha. Jadwal hari ini 7C, sebagai imam Pak Hendra dan walasnya Pak Sugiono sebagi pendamping/pemateri. Dengan tertib siswa berbaris membentuk shof rapi dan sang imam memulai sholat. Seperti biasanya kegiatan ini bertujuan menanam ke siswa arti pentingnya menjalankan ibadah sunah seperti Sholat Dhuha. Semoga musholla yang telah disiapkan kesucian dan kebersihannya oleh Pak Samsul Huda menjadikan semakin bermanfaat. Dan Pak Samsul Huda yang ikut mensukseskan pelaksanaan Sholat Dhuha semakin barokah hidupnya.

Ruang guru sudah dibersihkan oleh Pak Mustami’in yang bertugas. Ia juga membersihkan halaman madrasah untuk pelaksanaan murottal pagi. Kebersihan ruang guru dan halaman madrasah dijaga betul agar setiap civitas madrasah merasa nyaman dan kerasan. Hal ini dilakukan agar kelancaran kegiatan madrasah yang direncanakan bisa terwujud. Setelah dipastikan kebersihannnya, terpal mulai digelar di halaman oleh petugas piket secara terjadwal. Kebetulan hari ini jadwalnya kelas 8B dan 8J. Untuk pimpinan murottal pagi kelas 9H.

Tempat wudhu sebagai garda kesucian untuk beribadah telah disiapkan kebersihannya oleh Pak Zaenal. Kebetulan beliau juga bertugas membersihkan kelas dan lantai putra. Dengan semangat bekerja ia bersihkan setiap debu dan sampah yang ada.

Kegiatan pagi telah selesai, guru dan siswa meneruskan kegiatan di kelas. Kegiatan ini dalam rangka saling memberi dan saling menerima. Tentang apa? Yaitu tentang ilmu pengetahuan untuk bekal masa depan yang dicita-citakan.

Berikutnya, kegiatan belajar mengajar di madrasahku mulai dari jam 07.50 sd 15.45. Hampir seharian penuh guru dan siswa berinteraksi demi kemulyaan Bersama. Sebelum kegiatan KBM siang/sore ada kegiatan Sholat Dhuhur berjama’ah. Sholat ini dilakukan sebagai program madrasah.

Siswa mengerti arti pentingnya sholat fardhu yang harus dikerjakan. Jangan sampai saat KBM siang/sore dimulai ada siswa yang belum sholat, kecuali siswa putri yang lagi haid/libur. Petugas menggelar hari ini adalah kelas 7H dan 7B. Sebelum terpal digelar Pak Mustami’in selalu mengecek kebersihan halaman madrasah. Ia sapu setiap sampah yang ada untuk dimasukkan tong sampah di teras kelas.

Ada lagi yang juga bekerja di balik layar, yaitu Pak Afin selaku admin medsos madrasah. Selain mengerjakan tugas-tugas administrasi secara on line seperti emis madrasah, beliau juga mengerjakan tugas harian. Tugas harian yang berkaitan dengan kegiatan harian madrasah. Beliau menguplod dan mendeskripsikan semua kegiatan madrasah. Kegiatan ini bertujuan menunjukkan kepada dunia luar secara on line akan kegiatan madrasah. Dengan harapan ada masukan dari pihak-pihak lain yang membaca agar madrasah semakin bisa berbenah diri. Berbenah untuk semakin hebat dan bermartabat serta mandiri berprestasi.

tulah orang-orang yang berjasa di balik layar mensukseskan kegiatan madrasah. Kelihatan tidak penting tapi sangat menentukan kesuksesan agenda harian madrasah. Karena itu diperlukan kerjasama dan sinerginitas semua civitas madrasah tentang arti penting sebuah kesuksesan. Kekurangpahaman dan saling curiga bisa menghambat sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang kurang baik bisa berdampak lancer tidaknya sebuah cita-cita.  Semoga bermanfaat.

Kang Ahsan_Humasy MTsN 2 Jombang

2 Komentar

Dewi Adilah
Rabu, 6 Sep 2023

Luar biasa, semoga selalu semangat dan istiqomah kang Ahsan

Balas

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

JUARA 1 Olimpiade PAI

Selasa, 20 Feb 2024

Asesmen Bakat Minat (ABM)

Senin, 19 Feb 2024

JUARA HARAPAN 3 NASIONAL

Selasa, 6 Feb 2024

Juara 1 Vidio Pendek

Selasa, 6 Feb 2024

Pahlawanku Inspiraku

Sabtu, 11 Nov 2023

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi