Jumat, 01-03-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

Ketika Rutin Salat Duha

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Matahari tanpa diperintah telah menjalankan tugasnya secara rutin. Sinarnya yang tajam di pagi hari membuat alam raya terbelalak. Alam dibuatnya bergeliat saling mengingatkan arti sebuah tugas. Genderang nadi bekerja sesuai kemampuan yang dimiliki. Tidak ada paksaan dan arahan lagi. Kesadaran akan tugas mulia sesuai posisi masing-masing.

Pagi ini Sabtu, 9 September 2023 Kang Ahsan sebelumnya akan melaporkan kegiatan  di madrasahku. Kegiatan pagi sudah diawali oleh para karyawan kebersihan, dilanjut dengan kegiatan menggelar terpal di halaman madrasah oleh kelas yang terjadwal dibantu tukang kebersihan dan Pak Munir selaku Waka Kesiswaan. Tepat jam 07.10 seperti biasanya ada Apel Pagi di depan kantor madrasah. Pada Apel Pagi kali ini setelah Bu Ela mengabsen, Pak Masruchin diminta menyiapkan barisan dan ia memanggil Pak Sholeh untuk memimpin do’a pagi. Di saat yang sama di gerbang utara ada penyambutan kedatangan siswa putra. Petugas penyambutan hari ini adalah Pak Gagas, Pak Kholilurrohman, dan Pak M Yusuf. Di gerbang utara ada penyambutan siswa putri. Petugasnya Bu Mia dan Bu Ziyan serta beberapa anggota osis. Kegiatan pembacaan aqidatul awam di halaman sudah dimulai sambil menunggu semua siswa berkumpul. Hari ini yang memimpin murottal pagi terjadwal kelas 9H.

Setelah kegiatan pagi selesai dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan ini dilakukang guru bersama siswa. Kegiatan lainnya adalah mengejakan administrasi madrasah oleh para karyawan kantor. Semua civitas madrasah berada pada tupoksi masing-masing.

Di sudut madrasah sebelah utara ada sebuah Gedung. Gedung tempat sujud setiap insan bila telah tiba panggilan azan. Azan tanda menghadap Sang Ilahi Robbi. Kadang juga dipakai istirahat dan duduk santai. Itulah Gedung musala. Di tempat ini, ada kegiatan Salat Duha terjadwal.

Kenapa madrasah memprogram kegiatan Salat Duha? Ternyata menurut situs (https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6512567/5-manfaat-sholat-dhuha-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui#:~:text=Kesehatan%20Tubuh,menjaga%20kesehatan%20tulang%20serta%20otot) ada beberapa manfaat yang diperoleh. Ada lima manfaat yang akan didapatkan bagi yang menjalankan Salat Duha, yaitu :

Kesehatan tubuh
Melancarkan peredaran darah
Membuat jiwa lebih tenang
Menghilangkan stress
Menjaga Kesehatan kulit dan membuat wajah bercahaya
Jika kita membaca kelima manfaat tersebut, ada 3 manfaat bagi kesehatan jasmani dan 2 manfaat bagi Kesehatan jiwa/rohani. Tetapi jika disingkat cukup ada dua intinya, yaitu Kesehatan tubuh/jasmani dan ketenangan jiwa. Kesehatan tubuh sudah mencakup jasad tubuh manusia yang terlihat. Jasad yang meliputi ujung rambut kepala sampai ujung kaki, termasuk kulit dan wajah.

Ketenangan jiwa termasuk rohani yang tak kasad mata. Kesehatan ini tidak bisa terdeteksi oleh kasat mata insan. Orang lain tidak bisa melihat apa seseorang batinnya tenang atau tidak. Kesehatan batin hanya bisa dirasakan oleh pribadi yang bersangkutan.

Semoga rutinitas kegiatan Salat Duha yang telah terjadwal bisa menjadikan insan madrasah semakin sehat jasmani dan rohani. Aaamiin.

Semoga Bermanfaat

Kang Ahsan_Humasy MTsN 2 Jombang

 

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

JUARA 1 Olimpiade PAI

Selasa, 20 Feb 2024

Asesmen Bakat Minat (ABM)

Senin, 19 Feb 2024

JUARA HARAPAN 3 NASIONAL

Selasa, 6 Feb 2024

Juara 1 Vidio Pendek

Selasa, 6 Feb 2024

Pahlawanku Inspiraku

Sabtu, 11 Nov 2023

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi