Kamis, 13-06-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

Armatim TNI AL Surabaya

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Studi mengenal kemaritiman dan Nasionalisme bersama siswa kelas 9 MTsN 2 Jombang di komplek Armatim TNI AL Surabaya.

Indonesia merupakan negara maritim. Mengapa disebut dengan demikian. Jawabannya cukup sederhana, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan yang sangat luas, dimana luas wilayah daratannya lebih kecil dari pada luas wilayah perairannya. Secara astronomis, berdasarkan informasi Geospasial, luas wilayah perairan Indonesia yaitu 3.257.489 km², sementara luas wilayah daratannya yaitu 1.922.570 km² yang dihuni oleh ±260 juta jiwa. Hal ini tentunya menjadi salah satu kebanggaan Indonesia di mata dunia. Indonesia menjadi urutan pertama dan terbesar yang termasuk negara maritim, kemudian diikuti Madagaskar, Papua Nugini, dan Jepang. Perairan yang dimiliki Indonesia merupakan salah satu surga dunia, dihuni oleh berbagai macam terumbu karang dan spesies ikan langka yang belum tentu ditemukan di perairan negara lain.

Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan. Terdapat sekitar 17 ribu pulau yang ada di wilayah Nusantara ini. Karena dari banyaknya pulau di Indonesia otomatis terdapat keragaman ras, suku, agama, dan golongan serta berbagai macam bentuk perbedaan.

Pengetahuan akan kemaritiman seharusnya diajarkan kepada pelajar sejak menempuh jenjang pendidikan dasar hingga menengah, karena jiwa pelajar adalah jiwa generasi bangsa. Apabila kurikulum menerapkan materi sejarah kemaritiman sejak dini maka pemerintah akan mudah untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta akan tanah air Indonesia (semangat nasionalisme). Tidak hanya itu, materi mengenai sejarah maritim juga bisa dijadikan untuk membangun kesadaran kolektif akan identitas sebagai bangsa lahir dari peradaban laut. Tentunya ini menjadi kebangaan bagi bangsa Indonesia.

Sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya. Perlu dilakukan upaya penamaman jiwa nasionalisme atau cinta pada tanah airnya sendiri pada kalangan pelajar di Indonesia. Upaya tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan cara memasukkan materi sejarah maritim dalam kurikulum pendidikan nasional yang dimulai dari pendidikan dasar hingga menengah. Perlunya materi sejarah maritim dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional karena selama posisi sejarah maritim dalam materi ajar belum begitu terang benderang. Padahal, keberadaan materi sejarah maritim mempunyai andil yang besar dalam membangun terciptanya integrasi nasional bangsa Indonesia.

 

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

MANASIK HAJI

Rabu, 12 Jun 2024

ALMAMATER

Rabu, 12 Jun 2024

HAFLAH AKHIRSANAH

Senin, 10 Jun 2024

PENENTUAN MASA DEPAN

Senin, 10 Jun 2024

TES SANTRI BARU

Sabtu, 8 Jun 2024

PENILAIAN AKHIR TAHUN

Rabu, 5 Jun 2024

Cukur Gratis

Rabu, 29 Mei 2024

PRAKTIK AGAMA

Senin, 27 Mei 2024

SKRINING KESEHATAN

Senin, 20 Mei 2024

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi