Kamis, 13-06-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

PENGUKUHAN TAHFIDZ AL QUR’AN

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Tepat Hari Sabtu Tanggal 13 Mei 2024, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN( 2 Jombang mengadakan acara Pengukuhan Tahfidz Al-Qur’an ke XV yang diikuti seluruh kelas IX berjumlah 339 siswa . Pengukuhan ini dalam rangka menjalankan salah satu Program Unggulan MTsN 2 Jombang yakni Hafal Juz 30 bagi siswa. Sejak masuk kelas 7 siswa mulai dibina dan dipantau hafalannya oleh guru tahfidz.

Rangkaian acara pra pengukuhan tahfidz diawali dengan penampilan banjari. Kelompok siswa banjari tampil dengan beberapa lagu untuk menyemangati para wisudawan. Dilanjutkan dengan penampilan kelompok siswa yang melantunkan hafalan mulai Surat Ad-Dhuha sampai Surat An-Nas. Dipilih siswa-siswa yang baik hafalannya untuk tampil di panggung pengisi pra acara. Sekitar pukul 09.30 prosesi pengukuhan dimulai dengan pemanggilan wisudawan satu per satu untuk maju ke panggung. Wisudawan berjalan menerima serangkaian prosesi di atas panggung oleh Sirojul Munir, S.Ag, M.PdI selaku Waka Kesiswaan, Agustin Aminah, S.Pd, M.PdI selaku Kepala Madrasah, dan Anis Khoirunnisak, S.Pd, M.PdI selaku Waka Diniyah.

Turut hadir di acara pengukuhan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Dr. H. Muhajir, S.Pd., M.Ag, Kepala Penma M. Zainut Tamam, S.Ag, M.PdI, Pengawas Madrasah Sutrisno, S.Pd, M.MPd, Ketua MPP Drs. KH. Cholil Dahlan, Kepala Biro Kepondokan Dr. H. M. Afifudin Dimyathi, LC, MA, dan Komite Madrasah Drs. H. CHOZIN DAHLAN. Msi.

Anis Khoirunnisak selaku Waka Diniyah mengatakan bahwa tahun ajaran 2023/2024 ada 230 siswa yang sudah hafal juz 30 dan 109 siswa belum tuntas untuk siswa kelas IX. “Penyebab anak belum tuntas bisa karena berlatar belakang belum bisa baca tulis. Kemampuan baca tulis Al-Qur’an harus dikuasai lebih dahulu sebelum ke hafalan”, ujarnya. Agustin Aminah selaku Kepala Madrasah, ia menuturkan pentingnya program ini dijalankan oleh madrasah. Minimal alumni madrasah bisa menjadi imam sholat terutama bagi laki-laki jika diminta menjadi imam sholat. “Jangan sampai alumni MTsN tidak siap di masyarakat saat dibutuhkan terutama kegiatan keagamaan”, lanjutnya.

Drs. KH. Cholil Dahlan, selaku Pimpinan Majelis Pondok Darul ‘Ulum Rejoso sangat mengapresiasi kegiatan wisuda tahfidz ini. “MTsN 2 Jombang sudah menjalankan visi utama pondok yakni pendidikan akhlak”, tuturnya. Dengan menghafalkan Al-Qur’an, santri secara otomatis sudah menjalankan dzikir kepada Allah SWT. Allah SWT akan menjaga kehidupan santri karena telah ikut menjaga Al-Qur’an dengan menghafalkannya.

Setelah pengukuhan, wisudawan berfoto dengan wali kelas dan wali santri. Di depan kantor disediakan spot foto untuk berpose. Terlihat keceriaan yang tak terlupakan terkenang sepanjang masa di wajah wisudawan Semoga para peserta Pengukuhan Tahfidz menjadi anak-anak yang sholih sholihah dan manfaat ilmunya. Aaaamiin
(humasy mtsn 2 jombang-Kang Ahsan)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

MANASIK HAJI

Rabu, 12 Jun 2024

ALMAMATER

Rabu, 12 Jun 2024

HAFLAH AKHIRSANAH

Senin, 10 Jun 2024

PENENTUAN MASA DEPAN

Senin, 10 Jun 2024

TES SANTRI BARU

Sabtu, 8 Jun 2024

PENILAIAN AKHIR TAHUN

Rabu, 5 Jun 2024

Cukur Gratis

Rabu, 29 Mei 2024

PRAKTIK AGAMA

Senin, 27 Mei 2024

SKRINING KESEHATAN

Senin, 20 Mei 2024

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi