Rabu, 24-07-2024
  • Selamat datang di Official Website MTs Negeri 2 Jombang

HEWAN QURBAN

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

PELATIHAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Pada hari Selasa tepatnya tanggal 18 Juni 2024 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Jombang mengadakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban. Hadir dalam kegiatan ini semua civitas madrasah mulai dari kepala madrasah sampai guru dan tenaga kependidikan, termasuk semua siswa kelas 7 dan 8 ( karena kelas 9 sudah purna ).

Diharapkan dengan kegiatan semua civitas madrasah khususnya siswa mengerti bagaimana cara menyembelih hewan qurban termasuk hewan apa yang boleh dijadikan qurban, termasuk bagaimana cara pengemasan dan pendistribusian daging qurban. Tahun ini MTsN 2 Jombang menyembelih seekor sapi jantan.

Rangkaian acara dimulai dengan murottal bersama oleh siswa dan dilanjutkan dengan beberapa pengumuman. Kemudian dilanjut dengan ceramah agama tentang qurban. Madrasah mengundang salah satu majelis pimpinan pondok yaitu KH Iqbal Hasyim atau yang karib disapa Gus Iqbal (pengasuh Asrama Bani Umar).

Tepat sekitar jam 8 pagi Gus Iqbal hadir langsung ke halaman madrasah. Beliau menuju depan siswa. Dengan duduk di kursi yang telah disediakan beliau mengucapkan salam pembuka. Dalam ceramahnya beliau bercerita tentang sejarah penyembelihan qurban. “Berkurban bisa dilaksanakan kapanpun dan di manapun”, katanya. “Seorang siswa/santri berkurban waktu demi mencari ilmu agar mandapatkan keberkahan”, lanjut Gus Iqbal.

Hampir sekitar setengah jam lebih Gus Iqbal memberikan ceramah dan menutup dengan do’a. Setelah itu, sebagian siswa diminta menuju ke lapangan tempat di mana sapi diikat. Sebagian siswa terutama anak putri diminta takbir di halaman madrasah. Sebelum disembelih, dilakukan dokumentasi untuk mengabadikan kegiatan tersebut.

Tim penyembelih hewan qurban menyiapkan berbagai alat dan apapun yang digunakan dalam penyembelihan termasuk pisaunya. Kali ini yang bertugas sebagai penyembelih adalah Pak Kholiq. Beliau guru madrasah yang selalu diminta mencari tim jagal. Proses penyembelihan mulai dilakukan dengan disaksikan siswa dan guru. Kemudian, tim jagal mulai bekerja setelah dipastikan hewan qurban benar-benar dinyatakan aman alias sudah mati.

Potongan-potongan hewan qurban satu persatu dibawa ke halaman madrasah untuk diambil dagingnya. Ada petugas yang memotong kecil-kecil dan menimbangnya, lalu dimasukkan dalam wadah pengepakan. Setelah semua daging masuk pengepakan lalu didistribusikan ke orang-orang yang sudah didaftar oleh panitia.

Rangkaian penyembelihan sampai pendistribusian selesai sekitar jam 11. Civitas mulai mengambil konsumsi yang disediakan panitia. Konsumsi siswa diambil perwakilan kelas dan dibagikan ke kelas masing-masing. Bapak ibu guru dan tenaga kependidikan diminta ambil konsumsi dan daging di kantor madrasah.

Alhamdulillah dengan kerjasama dan kekompakan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar. Semoga MTsN 2 Jombang makin hebat bermartaban mandiri berprestasi. Aaamiiin (Humasy mtsn 2 jombang-Kang Ahsan)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

Pemetaan Kelas VII Kurmer

Senin, 22 Jul 2024

Juara 2

Rabu, 10 Jul 2024

BISNIS DAY

Sabtu, 22 Jun 2024

GELAR KARYA P5

Kamis, 20 Jun 2024

KENAIKAN KELAS

Minggu, 16 Jun 2024

MANASIK HAJI

Rabu, 12 Jun 2024

ALMAMATER

Rabu, 12 Jun 2024

HAFLAH AKHIRSANAH

Senin, 10 Jun 2024

PENENTUAN MASA DEPAN

Senin, 10 Jun 2024

Website Resmi MTsN 2 Jombang. Bagi kami kreativitas merupakan gerbang masa depan. kreativitas akan mendorong inovasi. Itulah yang kami lakukan

Lokasi