Website Resmi MTS Negeri 2 Jombang

Seputar Santri

Pesantren Darul Ulum Cegah Santri Tidak Kerasan dengan Safari

Ahad 22 Juli 2018 4:0 WIB
Bagikan:
Pesantren Darul Ulum Cegah Santri Tidak Kerasan dengan Safari
Jombang, NU Online
Santri asrama Nusantara 3 Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU), Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur punya cara unik mengenalkan santri baru dengan lingkungan. Yaitu mengajak mereka jalan kaki keliling sekitar pesantren.

Sebanyak 93 santri putri dengan berbagai hiasan unik di tubuhnya berjalan dari satu asrama ke asrama lain. Mereka menempelkan aneka jajan ringan dan plastik di tubuh, lalu berjalan beriringan menyusuri jalan pesantren layaknya jamaah haji.

Menurut salah satu pembina asrama Mohamad Erlangga Bicky Hannanta, kegiatan rutin dilakukan sejak lama. Hal tersebut biasa disebut masa pengenalan asrama dan mencegah santri tidak kerasan.

"Kegiatan rutin setiap tahun ajaran baru. Tahun ini diikuti 93 peserta yang menempuh jenjang pendidikan SMP dan SMA,” katanya, Sabtu (21/7). 

Mereka diajak keliling PPDU yang memiliki banyak asrama. Setiap sampai pada satu asrama, mereka berhenti dan para pengurus menjelaskan tentang asrama di depan seperti siapa pengasuh dan model pembelajarannya.

Pria yang biasa disapa Rangga ini menjelaskan tujuan kegiatan selain pengenalan lingkungan, juga mengetahui sejarah perkembangan pesantren. Dengan harapan para santri semakin betah dan bangga menempuh pendidikan di PPDU.

"Tujuannya agar mereka lebih tahu sejarah Pesantren Darul Ulum serta mempererat rasa kekeluargaan dan kompakan antarteman satu asrama,” ungkapnya. Dengan begitu para santri baru ini terhibur dan betah, lanjut Rangga.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan motivasi, permainan dan berbagai hal yang menghibur. Selain itu juga ada kuis yang materinya tentang sejarah dan penjelasan silsilah keluarga masyayikh pesantren.

Di PPDU setiap asrama diberi kebebasan untuk mengadakan masa perkenalan pesantren secara mandiri. Dengan syarat bertanggung jawab dan tidak menyimpang dari ajaran Islam serta aturan yang ada.

"Kegiatan ini juga kita isi dengan doa bersama agar semua santri betah di asrama. Intinya kita ingin para santri enjoy dan menikmati setiap proses di pesantren.  Semoga hal ini bisa menjadi fondasi yang baik buat ke depan," tandas Rangga. (Syarief Rahman/Ibnu Nawawi)