Website Resmi MTS Negeri 2 Jombang

Ta’limul Muta’allim “Teguh dan Sabar Dalam Belajar” MTsN2Jombang

Halimatussa’diyah, S.Ag, M.Pd.I

Teguh dan Sabar Dalam Belajar

  1.  Teguh dan Sabar dalam Belajar Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jombang
  2. Keteguhan dan kesabaran dalam menuntut ilmu adalah sikap kukuh dan bertahan menghadapi cobaan dan tantangan demi menyelesaikan proses belajarnya pada seorang guru dan suatu ilmu di daerah tertentu
  3. Kesabaran dan keteguhan merupakan modal yang besar dalam segala hal tetapi jarang sekali yang memiliki sifat tersebut. Sebagaimana disyairkan: لِكُ ل اِلى شَأْوِ الْعُلَى حَرَكَاتُ # وَلَكِنْ عَزِيْزٌ فِى الْ رخَالِ ثَبَاتُ Setiap orang pasti mempunyai hasrat memperoleh kedudukan atau martabat yang mulia, namun jarang sekali orang yang dapat bertahan dalam mencapainya. Ada yang berkata: الشُّجَاعَةُ صَبْرُ سَاعَةٍّ Keberanian adalah kesabaran sesaat.
  4. Dalam menuntut ilmu hendaknya bersabar dan bertahan kepada seorang guru dan kitab tertentu sehingga ia tidak meninggalkannya sebelum tamat atau selesai. Dan tidak beralih dari satu bidang ilmu ke bidang ilmu lainnya sebelum benar-benar memahaminya dengan yakin. juga tidak berpindah dari suatu daerah ke daerah lain tanpa ada sesuatu yang memaksa. Karena semua itu akan menjadikan urusan menjadi kacau, hati gelisah, menyia-nyiakan waktu dan menyakiti perasaan guru.
  5. Sebaiknya pelajar juga bersabar mengendalikan keinginan hawa nafsunya. Penyair mengungkapkan: إِنَّ الهَوَى لَهُوَ الْهَوَانُ بِعَيْنِهِ # وَصَرِيْعُ كُ ل هَوَى صَرِ يْعُ هَوَانِ “Sesungguhnya hawa nafsu itu adalah Hina. Barang siapa kalah oleh hawa nafsu berarti dia kalah oleh kehinaan.” Ia juga harus sabar menghadapi cobaan dan bencana. Ada sebuah ungkapan: خَزَائِنُ الْمُنَى عَلَى قَنَاطِرِ الْمِحَنِ Gedung-gedung yang menyimpan cita-cita luhur terletak di atas timbunnya cobaan bencana.
  6. Sayyidina Ali bin abi Thalib berkata: اَلََ لََتَنَالُ الْعِلْمَ اِلََّ بِسِتَّةٍّ # سَأنُْبِيْكَ أنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانِ ذَكَاءٍّ وَحِرْسٍّ وَ اصْطِبَارٍّ وَبُلْغَةٍّ # وَاِرْشَادِ اُسْتَاذِ وَطُوْلِ مَََانِ Ketahuilah kamu tidak akan memperoleh ilmu kecuali dengan bekal enam perkara, yaitu: cerdas, semangat, bersabar, memiliki bekal, petunjuk guru dan waktu yang lama.
  7. SEMOGA BERMANFAAT

Tinggalkan komentar